Pada kesempatan ini, kita akan mencoba membahas cara membuat tema yang bisa digunakan baik pada revisi 0.7 new gui (OPL 0.8 beta), maupun pada OPL v 0.8 final (saat rilis).
Pada postingan yang lalu, sudah saya uploadkan beberapa contoh tema yang sudah jadi dan siap pakai, dan bagi teman-teman yang ingin menggunakan tema tersebut, silahkan download disini.
Sebelum kita memulai membuat gambar tema, sebaiknya kita coba pahami dulu bagian-bagian dari tema itu sendiri yang ada pada OPL v 0.8 beta, dan untuk memudahkan menjelaskan bagian-bagian dari tema, maka dibawah ini terlihat tema dari opl beserta dengan elemen-elemen pendukung tema.
Pada postingan yang lalu, sudah saya uploadkan beberapa contoh tema yang sudah jadi dan siap pakai, dan bagi teman-teman yang ingin menggunakan tema tersebut, silahkan download disini.
Sebelum kita memulai membuat gambar tema, sebaiknya kita coba pahami dulu bagian-bagian dari tema itu sendiri yang ada pada OPL v 0.8 beta, dan untuk memudahkan menjelaskan bagian-bagian dari tema, maka dibawah ini terlihat tema dari opl beserta dengan elemen-elemen pendukung tema.
Penjelasan elemen tema :
Setelah kita sudah mengerti bagian-bagian tema OPL berikut kode-kode pada pengaturan tema (conf_theme.cfg) seperti untuk Icon Menu dengan kode menu_icon_x untuk kode horisontal dan menu_icon_y untuk kode vertikal beserta kode-kode elemen lainnya, dan nantinya kode-kode tersebut yang di rubah nilainya jika ingin pindahkan letak elemen dari tema OPL yang kita buat dari posisi/letak dari setiap elemen tema seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Icon Menu merupakan icon dari setiap device yang terpilih seperti icon untuk menu HDD, USB, ETH, dan APPS. dan kode untuk pengaturan di tema adalah "menu_icon". yang terdiri dari 2 koordinat XY (menu_icon_x dan menu_icon_y). Tulisan Menu merupakan uraian dari menu yang aktif atau sementara ditampilkan oleh OPL, seperti HDD Games, USB Games, Network Games, dan Apps. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "menu_text", yang terdiri dari 2 koordinat XY (menu_text_x dan menu_text_y). Daftar Item merupakan judul dari setiap item yang dibaca oleh OPL, seperti judul game yang terinstal diharddisk atau di jaringan (PC), dan judul-judul aplikasi. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "items_list", yang terdiri dari 2 koordinat XY (items_list_x dan items_list_y). Icon Item merupakan gambar icon yang ditampilkan OPL dari setiap item/judul game yang terpilih (jika icon disertakan). Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_icon", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_icon_x dan item_icon_y). Cover item merupakan gambar cover atau sampul dari item/judul game yang terpilih yang ditampilkan oleh OPL jika pada setting utama OPL untuk Enable Cover Art = On dan gambar cover disertakan. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_cover", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_cover_x dan item_cover_y). Tulisan ID item merupakan nama item atau ID dari judul game yang terpilih. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_text", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_text_x dan item_text_y). Animasi loading merupakan gambar loading yang dirender oleh OPL saat meload data yang dibutuhkan, dan gambar loading ini merupakan gambar dengan format PNG sebanyak 8 gambar yang dibaca dari file OPL sendiri atau dari gambar loading yang disertakan pada tema yang diterapkan. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "loading_icon", yang terdiri dari 2 koordinat XY (loading_icon_x dan loading_icon_y). Tombol Aksi OPL merupakan icon control yang disertai dengan penjelasan dari tombol-tombol kontrol PS2 yang bisa digunakan di OPL untuk mengakses pengaturan dan fungsi-fungsi lainnya. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "hint_text" yang terdiri dari 2 koordinat XY (hint_text_x dan hint_text_y).
Selain dari kode-kode elemen tema diatas, pada pengaturan tema (conf_theme.cfg) juga memuat pengaturan lainnya, diantaranya:
use_default
Kode ini untuk mengatur tampilan elemen icon dari tema, dan untuk nilai dari kodenya jika 1 berarti ya, dan jika 0 berarti tidak.Dan default untuk kode ini adalah 1, dimana semua gambar elemen yang ikut pada tema akan ditampilkan oleh OPL sesuai dengan pengaturan elemen tema (conf_theme.cfg).Contoh :Jika menginginkan tema yang di buat hanya menggunakan icon default OPL, maka pada pengaturan utama opl dicantumkan kode sebagai berikutuse_default=0Tapi jika menginginkan semua gambar elemen yang ada pada folder tema ditampilkan oleh OPL juga, maka untuk kode use_default tersebut tidak perlu kita cantumkan, karena untuk setting defaultnya adalah 1 yang berarti semua gambar elemen pada folder tema akan ditampilkan.
items_list_icons
Kode ini mengatur tampilan icon kecil disebelah kiri judul game, dan untuk nilai dari kodenya sendiri jika 1 berarti ditampilkan, dan 0 berarti tidak ditampilkan.Dan default untuk kode ini adalah 0 yang berarti icon yang berada disebelah kiri judul game tidak ditampilkan oleh OPL.Contoh :Jika icon kecil yang berada disebelah kiri judul game ingin juga ditampilkan oleh OPL pada tema yang digunakan, maka pada pengaturan OPL dicantumkan kode sebagai berikut:items_list_icons=1Sementara jika icon kecil yang berada disebelah kiri judul game tidak ingin ditampilkan oleh OPL, maka untuk kode items_list_icons tidak perlu kita cantumkan, yang artinya mengikuti pengaturan default dari OPL yang bernilai 0 (tidak ditampilkan).
displayed_items
background_modeKode ini mengatur jumlah judul item atau judul game yang ditampilkan setiap layarnya, dan default jumlah judul item yang ditampilkan oleh OPL adalah 20 baris.Jadi dengan kode ini kita bisa mengecilkan atau mengurangi judul game yang ditampilkan oleh OPL setiap layarnya untuk menyesuaikan gambar background dari tema yang digunakan.Contoh :Jika ingin OPL menampilkan judul item atau judul game hanya 15 judul/baris setiap layarnya, maka pada pengaturan OPL dicantumkan kode sebagai berikut:Dan untuk jumlah baris judul lainnya tinggal sesuaikan dengan keinginan masing-masing, atau jika ingin tetap menampilkan judul game sebanyak 20 baris setiap layarnya, maka untuk kode displayed_items tidak perlu dicantumkan, yang artinya mengikuti aturan dari default OPL yang menampilkan 20 judul item setiap layarnya.displayed_items=15
Kode ini mengatur tampilan latar (background) pada menu pilihan item OPL, dimana untuk nilai dari kodenya diantaranyabackground_alt_mode
Dan untuk default background_mode OPL bernilai 0 atau Mode Picture.
- 0 = Mode Picture, dimana pada mode ini OPL akan menampilkan gambar background yang ada pada tema yang digunakan, tapi jika gambar background tidak ditemukan, maka akan ditampilkan mode plasma.
- 1 = Mode Plasma, dimana pada mode ini ditampilkan latar dari OPL dengan animasi warna yang bisa diatur pada kode bg_color.
- 2 = Mode Color, dimana pada mode ini ditampilkan warna latar dari OPL yang bisa diatur pada kode bg_color dengan kode warna default bg_color=#28c5f9.
- 3 = Mode Art, dimana pada mode ini akan mendukung mode art atau akan ditampilkan semua gambar cover, background, cover_overlay, dan icon jika ditemukan, tapi jika tidak ditemukan, maka akan diaktifkan mode Picture, dan jika tidak ditemukan gambar background, maka akan diaktifkan mode Plasma.
Contoh :
Jika menginginkan mode OPL menjadi mode Art, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
Sementara untuk mode yang lain, tinggal kita rubah saja nilai untuk background_mode sesuai dengan nilai yang sudah dijelaskan diatas.background_mode=3
Kode ini mengatur tampilan latar pada pilihan menu setting OPL, dimana untuk nilai default adalah 1 atau Mode Plasma, jadi jika kode ini tidak diatur atau masih menggunakan default dari OPL, maka saat menekan START dan untuk masuk dimenu setting akan ditampilkan latar warna animasi (plasma) yang berpatokan pada kode warna bg_color yang warna default adalah bg_color=#28c5f9.bg_color
Jadi jika menginginkan saat masuk di setting untuk latar ditampilkan gambar background dari tema yang diterapkan, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai barikut:
Kode background_alt_mode=0 tersebut berarti bahwa, untuk latar pada menu setting OPL ditampilkan gambar atau Mode Picture, dimana gambar latar yang ditampilkan sesuai dengan gambar background yang ada pada tema yang diterapkan.background_alt_mode=0
Kode ini mengatur warna latar dari OPL, dimana untuk format warnanya menggunakan kode hexadecimal RGB (red, green, blue).
Dan default kode warna untuk bg_color ini adalah #28c5f9 atau warna biru langit
Untuk mencari kode warna RGB, kita bisa menggunakan software visual color picker atau color picker dari photoshop yang sudah dijelaskan pada postingan yang lalu.
Contoh :
Umpamanya untuk warna latar, kita akan menggunakan warna hijau, dimana untuk kode RGB warna hijau adalah #2df928
Tidak ada komentar:
Posting Komentar